Tuesday, 30 April 2024 16:05

Pameran Industri Pertahanan Langkah Kerja Sama Indonesia-India

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: Kementerian Pertahanan India menggelar pameran Industri Pertahanan India-Indonesia di Jakarta. Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty mengatakan pameran tersebut sebagai langkah kerja sama Indonesia-India dalam sektor alutsista pertahanan nasional.

 

“Pengalaman inilah yang ingin kami bagikan kepada Anda hari ini dan bermitra dengan Anda untuk kolaborasi jangka panjang di Sektor Pertahanan. Baik itu platform besar, dan seperti kapal, kapal selam, pesawat terbang, tank, dan satelit,” jelas Sandeep saat menghadiri pameran, Selasa (30/4/2024).

 

Tak hanya itu, Sandeep juga mengatakan India akan bekerjasama dalam bidang teknologi seperti metalurgi, hidrolika, pneumatik, artificial intelkegence (Al), amunisi, siber, dan keseluruhan desain, penelitian & pengembangan, serta ekosistem start-up yang menarik.

 

Sandeep Chakravorty menjelaskan sebanyak 36 perusahaan pertahanan terkemuka dari India yang berpartisipasi dalam pameran industri pertahanan tersebut.

 

“Sebanyak 36 perusahaan pertahanan India hadir bersama delegasi tingkat tinggi dari Kementerian Pertahanan India,” kata Sandeep.

 

Ia menjelaskan industri pertahanan India kini sedang berkembang pesat sejalan dengan seruan “Make in India-Make for the World”. Sandeep juga mengungkapkan perusahaan pertahanan India juga meraih capaian positif dalam target yang telah ditetapkan.

 

“Perusahaan-perusahaan pertahanan India telah mencapai rekor ekspor sebesar USD2,63 miliar pada tahun keuangan terakhir dan India siap menjadi salah satu eksportir pertahanan terkemuka pada tahun 2030,” ucapnya.

 

Sandeep pun mengungkapkan India sangat menantikan peningkatan kerja sama bilateral dengan Indonesia, terutama di bidang pertahanan dan bidang lainnya yang berkelanjutan.

Read 47 times Last modified on Tuesday, 30 April 2024 17:14