Tuesday, 30 April 2024 19:41

Momentum Kebangkitan Persepakbolaan Indonesia

Written by  Ani Hasanah
Rate this item
(0 votes)

Sejumlah warga nonton bareng (nobar) pertandingan babak semifinal AFC U-23 Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia melawan Uzbekistan melalui layar tancap di kediaman orang tua penyerang sayap Timnas Indonesia, Witan Sulaeman di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (29/4/2024). (Foto: ANTARA/Basri Marzuki)

 

Tim nasional Indonesia U-23 (Garuda Muda) ingin terbang tinggi, berharap lolos ke final, dengan mengalahkan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4) malam, di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar. Itu bukan hanya harapan penggemar sepakbola, tetapi juga harapan seluruh masyarakat Indonesia. Namun, Indonesia harus mengubur harapan itu dan menelan pil pahit setelah tim nasional (timnas) Indonesia U-23 gagal lolos ke final Piala Asia U-23 2024 usai dikalahkan Uzbekistan dengan skor 2-0.

Meski kalah melawan tim Uzbekistan, perjuangan timnas Indonesia di ajang Piala Asia U-23 layak diapresiasi. Pada babak perempat final, Indonesia berhasil mengalahkan tim Korea Selatan (Korsel) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (25/4) waktu Qatar. Kemenangan ini merupakan sejarah karena baru pertama kali Tim Garuda Muda unggul atas Korsel dalam kelompok umur U-23.


Tentu saja kemenangan ini membangkitkan semangat timnas dan rakyat Indonesia. Euforia kemenangan timnas Indonesia atas Korea Selatan dirayakan oleh hampir semua elemen masyarakat Indonesia. Kemenangan ini menimbulkan semangat karena Indonesia berpeluang maju ke final Piala Asia U-23 dan lolos ke Olimpiade 2024.

 

Masyarakat Indonesia juga menyambut dengan gegap gempita ajang pertandingan semifinal antara Timnas Indonesia melawan Uzbekistan Senin malam (29/5) dengan menyelenggarakan nobar atau nonton bareng pertandingan di berbagai tempat serta mendoakan agar timnas Indonesia lolos ke Final Piala Asia U-23.


Sepak bola memang memainkan peran penting dalam kebangkitan nasional dan mempererat persatuan. Selain sebagai olahraga yang sangat populer di Indonesia, sepak bola juga telah menjadi wadah untuk menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang dan wilayah di Indonesia. Prestasi dan perjuangan tim nasional dalam Piala Asia U-23 juga membangkitkan semangat nasionalisme dan kebanggaan di masyarakat Indonesia.


Timnas Indonesia memang kalah dan tidak dapat maju ke Final Piala Asia U-23. Namun, semangat untuk bangkit, khususnya kebangkitan dunia persepakbolaan Indonesia, tidak boleh surut. Kegagalan ini bukan akhir segalanya. Justru ini harus dijadikan momentum kebangkitan persepakbolaan Indonesia untuk meraih prestasi lebih baik ke depan.

Read 36 times